Soto Kriyik Bu Karsini, Cita rasa Soto yang Berbeda

by - April 20, 2018

Purbalingga memiliki banyak ragam kuliner soto atau sroto. Sebagai penikmat Soto, tiap kali singgah di Purbalingga, aku menyempatkan untuk hunting kulineran soto. Seperti siang tadi, Jum'at (20/04), aku mengajak Tante makan siang di Soto Kriyik Bu Karsini, Purbalingga. *dengan syarat Tante yang traktir* ๐Ÿ˜›

Ketika mendengar menu Soto Kriyik, apa yang ada di benak kamu? Soto kriyik-kriyik pastinya, ya. ๐Ÿ™Š Tapi, apa yang membuat soto ini kriyik, mungkin jawaban kamu standard banget yaitu kriyiknya dari kerupuk yang ada dalam seporsi soto. Dan itu bukan jawaban yang tepat! ๐Ÿ˜›


Ini Tante Bening, lho. Dudu penjuale...๐Ÿ˜Ž
Menuju Soto Kriyik
Ini kali pertama kami kulineran ke Soto Kriyik. Karena sama-sama ngga hafal jalan dan arah, kami sepakat untuk menggunakan google maps. Yaudah, kami tinggal buka aplikasinya, lalu klik direction, berselancarlah kami ke Soto Kriyik yang berlokasi di Jl. MT. Haryono, Karangsentul, tak jauh dari SMA 1 Purbalingga atau Gedung Bulog Karangsentul. Kira-kira 10 menit dari tengah kota.
Tempat dan Pelayanan
Soto Kriyik buka tiap hari mulai dari jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB. Kami sampai di lokasi pas banget jam makan siang. Perkiraanku bakal ramai ini warung karena banyak yang merekomendasikan Soto Kriyik baik melalui artikel maupun sosial media. Daaaan...dugaanku salah. Sesampainya di sana, halaman parkir yang ngga begitu luas nampak masih sepi. Karena Soto Kriyik berada tepat di tepi jalan raya, mau ngga mau sepeda motor harus naik ke trotoar agak ke dalam.

Tempat duduknyaa...
Perut merasa sudah saatnya harus diisi, aku pun langsung memesan dua soto kepada seorang perempuan berparas kalem yang standy di dekat gerobak soto.

"Bu, pesan dua soto, ya." Tanpa basa-basi, aku menuju meja paling pojok. Di sini hanya terdapat tempat duduk paketan, ngga ada pilihan untuk lesehan. Tempatnya pun ngga begitu luas, hanya isi enam meja dan tiap meja berisi 4-6 kursi.

"Soto biasa atau komplit, Mbak?" Si Ibu membalas pesananku. Sayangnya aku sudah duduk manis sambil lihat-lihat menu yang ditawarkan Soto Kriyik Bu Karsini.

"Emmm...komplit semua saja, Bu." Jawa Tante memastikan pesanan kami.


Panasnya cuaca Purbalingga siang tadi, aku pun ingin memesan jus yang segar-segar, gitu. Membasahi tenggorokan. Belum melihat daftar minum, ada sosok lelaki yang menghampiri kami dan menawarkan minuman.

"Mbak mau minum apa?" Suaranya cukup lantang dan tegas. Seperti yang sudah aku idam-idamkan yaitu Jus, aku pun langsung memesannya. Tapi ternyata, di sini ngga menyediakan jus. Minuman hanya ada tiga pilihan, air putih, teh dan jeruk. Supaya tenggorokan agak basahan dikit, aku memesan es jeruk, dan Tante memesan Teh anget.

Menu Soto Kriyik
Menu soto yang ditawarkan di sini ada Soto Komplit, Soto Telur Usus, Soto Jeroan, Soto Telur, dan Soto Biasa. Sesuai pesenan kami yaitu soto komplit, dalam satu porsinya adalah perpaduan antara tiga menu soto. Namanya juga komplit, ya. Ada jeroan ayam yang isinya macam-macam banget, suwiran daging ayam, satu butir telur yang sudah terbelah dua, dan ketupat, menjadi menu utama sajian Soto Komplit.


Soto Komplit...
Yang membedakan dari soto lain yang ada di Purbalingga, Soto Kriyik ini lebih gurih karena perpaduan dua kuah yaitu sedikit kuah dari santan yang sampai mengental dan kuah bening. Selain itu, ciri khas berupa kriyik ini bukan pada krupuk yang disajikan pada umumnya di dalam soto, namun perkedel yang digoreng bener-bener mateng dan kriuk.

Sebenarnya aku agak kurang yakin bahwa yang membuat kriuk adalah perkedel yang digoreng sampai kriuk maksimal. Melihat wujudnya lebih mirip adonan gandum yang digoreng sampai matang, gosong, sampai kriuk. Tapi kata Si Ibu yang jaga gerobak, kriuknya adalah peredel. Atau mungkin definisi perkedel itu ada yang lain, ya? Dibuat tanpa kentang, gitu. ๐Ÿ™Š

In ikatanya perkedel yang digoreng sampai kriuk...
Satu yang membuat soto ini juga sedikit segar yaitu karena ada irisan daun bawang dan juga kecambah. Daun bawangnya ini mentah, lho. Makin segar. Kebayang kalau kecambahnya juga mentah, tambah segar bagi penikmat mentahan. Hahaha. Apalagi ditambah sambel, sadiiiis. ๐Ÿคพ‍♀️

Harga Soto Kriyik
Satu porsi Soto Komplit yang isinya macem-macem banget dibanderol dengan harga Rp 18.000 per porsi. Sementara untuk soto biasa Rp 12.000 per porsi. Untuk kuiner Soto, harga satu porsi Soto Komplit tergolong lumayan mahal. Tapi kembali dilihat dari isinya yang berbobot, menjadi sangat terjangkau. Sementara dengan Es Jeruk yang jeruknya kurang terasa dan harganya Rp 4.500 per gelas, duuh...kurang terjangkau. ๐Ÿ™Š

Buat kamu yang suka hunting kuliner Soto, sesekali singgah lah ke Soto Kriyik Bu Karsini, Purbalingga. Nikmati cita rasa soto yang berbeda dari soto pada umumnya. Kriyiknya yang menjadi khas soto ini betul-betul susah disampaikan, makanya kamu harus merasakannya sendiri, ya. ๐Ÿคน‍♀️

You May Also Like

0 komentar