Wing Craft Expo, Tempatnya Kreativitas Anak Muda Banjarnegara

by - Februari 16, 2018

“Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” Penggalan kalimat dalam pidato Bung Karno berpuluh-puluh tahun silam ini nampaknya berpengaruh besar bagi masyarakat Kabupeten Banjarnegara, khususnya para pemuda/i. Pasalnya, saat ini para pemuda/i Banjarnegara sedang mengguncang kotanya dengan kreativitas-kreativitas mereka yang ditampung dalam sebuah event bertajuk “Wing Craft Expo”. 

Apa sih Wing Craft Expo?? Wing craft expo adalah sebuah pameran kreativitas anak muda Banjarnegara yang digagas oleh IndokopUKM Banjarnegara dan Banjarnegara Comunity University dan bertempat di Kuliner Banjarnegara, Jalan Pemuda No.73 Banjarnegara, atau Ex Gedung Pemuda Banjarnegara. 

Event yang digelar selama 4 hari full dari tanggal 14 Februari sampai 17 Februari 2018 ini memiliki tagline "Banjarnegara Youth Creativity Center". Besar harapan dengan adanya event Wing Craft Expo ini dapat mengakomodir segala macam kreativitas pemuda Banjarnegara dan menggugah pemerintah Banjarnegara untuk memperhatikan kreativitas para pemuda/inya. Karena kemungkinan besar, para pemuda Banjarnegara yang penuh kreasi ini akan ikut serta dalam memajukan Kota Banjarnegara.


Setelah menghadiri event Wing Craft Expo siang tadi, saya baru sadar ternyata memang banyak anak muda Banjarnegara yang memiliki daya kreasi tinggi lho, terbukti dengan banyaknya stan yang berjejer mengikuti event Wing Craft Expo.
Yuk kita intip beberapa kreativitas pemuda Banjarnegara yang ada di event Wing Craft Expo!


MOCAF
Mocaf merupakan singkatan dari Modified Cassava Flour, atau biasa disebut dengan tepung Mocaf. Tepung Mocaf ini tentunya adalah tepung singkong berkualitas bagus dan bebas sianida. 

Mbak Dini, adalah seorang asli Banjarnegara yang berkreasi membuat berbagai camilan menggunakan tepung Mocaf tersebut. Beliau membuat berbagai macam camilan seperti Pie, Brownis, Combro, dan lain-lain. Nah, spesialnya, Mbak Andini membuat Pie dengan cita rasa khas Banjarnegara yaitu Dawet Ayu. Pie dawet ayu dari tepung Mocaf? Emang enak? Penasaran banget dengan rasanya dong. 

Karena Pie yang aku makan biasanya adalah Pie susu dan Pie buah, rasanya agak aneh ketika mendengar ada Pie Dawet Ayu. Tapi setelah mencicipinya, hmmmm rasanya tidak kalah enak dengan Pie yang lain. Agar tidak penasaran, kalian bisa order Mocc Pie Dawet Ayu ini melalui Whatsapp 085846637919, instagram @dise.pastry atau kunjungi langsung outletya di Gumelar, RT 02/RW O2, Kelurahan Wangon, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara.
Mocc Pie dawet ayu...nyammm

Brownis Mocaf


Bentala Engineering
Kalau tadi sudah dibuat penasaran dengan Pie dawet ayu, kali ini aku dibuat kaget dengan sebuah stan dengan nama BENTALA. Apa sih yang bikin kaget? Aku kaget karena ternyata yang punya stan adalah teman sekelas masa SMA dulu. Hahaha 

Arvin, semenjak menyelesaikan kuliahnya di Tekhnik Informatika, dia memutuskan untuk membuat usaha sendiri di bidang tekhnologi. Yaitu dengan mendirikan Benatala Engineering. Dia membuat berbagai macam alat seperti Running text, mesin antrian bank/puskesmas/rumah sakit, warning light, rotator ambulance dan lain sebaginya. Sedangkan di bidang jasa, dia menerima jasa pembuatan Jaringan local area, PABX telepon, Setup ATS AMF, dan CCTV. 

Aku terkaget-kaget, ternyata teman satu SMAku dulu itu kreatif juga, padahal dulunya. Ah sudahlah. Hahaha Kalau sewaktu-waktu kalian membutuhkan jasa yang ditawarkan oleh Bentala Engineering bisa mengunjungi blognya di www.bentalaengineering.co.id atau langsung saja kunjungi Officenya di Jln. Letjend Karjono No.55A, Parakancanggah, Banjarnegara.
Running teks Bentala Engineering
Wids Handmade 
Stan Wids Handmade ini berisi kerajianan-kerajinan tangan seperti tas rajut, aneka bros, dompet, renda, dan juga sepatu pengantin. Kerajinan-kerajinan tangan seperti ini menurutku adalah kerajinan yang tidak mudah. Misal untuk membuat satu tas rajut, dibutuhkan waktu berhari-hari dengan kerumitan merajutnya. 

Dulu, aku sempat belajar merajut, namun karena tidak sabar dengan keruwetan aku memilih untuk mundur. Hahaha, ketahuan nggak kreatif ya. Untuk melihat hasil kreasi Wids Handmade kalian bisa kunjungi Instagramnya di @Wids_Handmade.
Tas rajut dari Wids Handmade


Selain stan Mocca pie, Bentala engineering, Wids handmade, masih banyak lagi stan-stan yang ada di Wing Craft Expo seperti stan Kopi Sabin, Soka Craft, Bara Bento, dan lain-lain. Biar nggak penasaran, yuk kunjungi Wing Craft Expo, besok masih ada lhooo. Yang di Banjarnegara jangan sampai tidak mampir yaa.


Pemuda memiliki peran penting dalam dalam mendukung kemajuan suatu bangsa. Yuk jadi pemuda yang cerdas, kreatif, bertalenta dan berenergi postif! Seperti pemuda-pemudi Wing Craft Expo Banjarnegara.


Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition Wing Craft Expo yang diselenggarakan oleh Indagkop Banjarnegara bekerja sama dengan GenMile Banjarnegara

You May Also Like

7 komentar

  1. wah ini ikut minggat di jam-jam pelajaran/ngantor mesti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau kan tanggal merah mas ipoong. :P

      Hapus
  2. Ini baru keren,semoga dapet award ya

    BalasHapus
  3. Wah ini pameran kreatifitas yach Mbak,,,,sungguh patut diacungi jempol dan perlu didukung. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kang...ada berbagai macam kreativitas di siniii

      Hapus
  4. membangun invovasi sendiri dan menciptakannya itu bagus banget, smeoga semakin laris dan berkembang ya

    BalasHapus